Shidqia: Jurnal Keuangan dan Perbankan Syariah
Vol. 1 No. 1 (2022): Juni

Pengaruh Service Excellent Customer Service Terhadap Kepuasan Nasabah Tabungan BSM di Bank Syariah Mandiri KC Jatinangor

Septiyanti Dewi Astuti (STIBANKS Al Ma’soem)
Badriyatul Huda (STIBANKS Al Ma’soem)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Service Excellent Customer Service Terhadap Kepuasan Nasabah Tabungan BSM di Bank Syariah Mandiri KC Jatinangor. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan model korelasional, sehingga diperlukan kuesioner untuk mengetahui tanggapan nasabah. Data primer yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistics 23, penulis juga melengkapi dengan teori para ahli untuk memperkuat analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Service Excellent Customer Service Terhadap Kepuasan Nasabah Tabungan BSM. Diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,599 dan berada dalam kategori sedang namun tidak signifikan. Hasil uji t menunjukkan bahwa faktor Service Excellent Customer Service berpengaruh terhadap kepuasan nasabah tabungan BSM di Bank Syariah Mandiri KC Jatinangor, sehingga H1 diterima dan H0ditolak. Adapun nilai koefisien determinasi yang diperoleh adalah sebesar 0,359 atau 36%, artinya Service Excellent Customer Service memberikan konstribusi sebesar 36% terhadap kepuasan nasabah tabungan BSM, sedangkan sisanya yaitu 64% merupakan konstribusi oleh faktor-faktor yang tidak diteliti seperti lokasi, nisbah dan lain-lain. Penelitian ini mengungkapkan bahwa nasabah merasa puas dengan tanggung jawab dan sikap yang diberikan Customer Service saat memberikan perhatian penuh terhadap keperluan nasabah dalam bertransaksi. Akan tetapi, nasabah merasa kurang terhadap tindakan luwes dan cekatan Customer Service dan nasabah juga merasa biaya administratif kurang kompetitif dibandingkan di bank lain.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

PBS

Publisher

Subject

Religion

Description

Shidqia: Jurnal Keuangan dan Perbankan Syariah (e-ISSN 3026-1732 ; p-ISSN 3026-1937), diterbitkan oleh Prodi Perbankan Syariah Fakultas Agama Islam Nusantara Bandung-Indonesia, terbit setahun dua kali pada bulan Juni dan Desember. Menerima dan menerbitkan artikel dengan fokus pada; Sistem Informasi ...