Shidqia: Jurnal Keuangan dan Perbankan Syariah
Vol. 1 No. 2 (2022): Desember

Shari’ah Enterprise Theory (Amanah) Pada Pendekatan Behavioral Accounting Dalam Menilai Shari’ah Microfinance (Studi Kasus Pada Koperasi Syariah Lamongan)

Eny Latifah (IAI TABAH Lamongan)



Article Info

Publish Date
19 Dec 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan Shari’ah Enterprise Theory khsusnya tingkat amanah dengan pendekatan behavioral accounting dalam kinerja manajerial koperasi syariah Lamongan dengan study kasus koperasi BMT Bina Ummat Sejahtera Lamongan. Penerapan amanah dalam menjalankan manajerial di Microfinace seperti koperasi syariah memang tidaklah sulit untuk memberikan penilaian, karena Sumber Daya Manusia dalam hal ini adalah karyawan yang ada dikoperasi syariah jumlahnya minim sehingga sistem pengontrolan dan penilaian kinerja lebih efektif dan efesien. Hasi penelitian ini adalah karyawan yang ada di koperasi syariah Lamongan mampu menerapkan Shari’ah Enterprise Theory dalam aplikasi nilai amanah dan tanggungjawab yang diberikan anggota koperasi kepada pengelola koperasi syariah mampu dijalankan dengan sebaik-baiknya dengan penuh keikhlasan. Karyawan koperasi tidak hanya menjaga hablum minan naas akan tetapi juga menjaga hablum mina Allah, sehingga dalam menjalankan amanah dan tanggungjawab bisa dijalankan dengan ikhlas karena apa yang kita kerjakan di dunia ini tidak luput dari pantauan dari Allah SWT.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

PBS

Publisher

Subject

Religion

Description

Shidqia: Jurnal Keuangan dan Perbankan Syariah (e-ISSN 3026-1732 ; p-ISSN 3026-1937), diterbitkan oleh Prodi Perbankan Syariah Fakultas Agama Islam Nusantara Bandung-Indonesia, terbit setahun dua kali pada bulan Juni dan Desember. Menerima dan menerbitkan artikel dengan fokus pada; Sistem Informasi ...