Shidqia: Jurnal Keuangan dan Perbankan Syariah
Vol. 1 No. 2 (2022): Desember

Pengaruh Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan Multijasa (Talangan Haji) Terhadap Peningkatan Minat Nasabah di Bank Panin Dubai Syariah KCU Bandung

Lela Nurmilah (Prodi Perbankan Syariah Universitas Islam Nusantara, Bandung)



Article Info

Publish Date
17 Dec 2022

Abstract

Permasalahan dasar terkait strategi pemasaran produk ini adalah bahwa jumlah atau minat pelanggan di Bank Panin Dubai Syariah tidak stabil, bahkan sering mengalami penurunan setiap bulan. Hal ini disebabkan oleh perbedaan pelanggan target setiap bank dalam hal pendapatan pelanggan mereka. Muncul pertanyaan besar, yaitu mengapa bisa ada ketidakstabilan dalam jumlah pelanggan antara pemasaran dan lamanya proses pemasaran atau promosi yang biasanya dilakukan setiap bulan. Untuk mengatasi masalah yang muncul, perlu ada perubahan atau evaluasi terhadap strategi pemasaran yang diterapkan saat memasarkan produk, di mana penelitian ini menganalisis menggunakan strategi Marketing Mix. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Bank Panin Dubai Syariah KCU Bandung yang masih aktif menggunakan produk pembiayaan multi-layanan (dana haji) dari tahun 2019-2021. Sampel dalam penelitian ini adalah 39 responden. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang didistribusikan secara offline atau langsung kepada pelanggan. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji kualitas data, uji analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linear sederhana, dan pengujian hipotesis dengan perangkat lunak IBM SPSS Statistics 25.0. Hasil uji yang telah dilakukan menunjukkan bahwa: pertama, variabel strategi pemasaran memiliki pengaruh positif parsial terhadap peningkatan minat pelanggan dengan nilai signifikansi sebesar 0,003 <0,05 dan nilai t hitung sebesar 3,137 lebih besar dari nilai t tabel sebesar 2,026, sehingga 3,137 > 2,026. Dan yang kedua, berdasarkan hasil uji simultan, variabel x berpengaruh signifikan terhadap variabel y, sebagaimana dibuktikan dengan tingkat signifikansi sebesar 0,003 <0,05 dan dengan nilai F hitung sebesar 9,839 dan F tabel sebesar 4,11 yang berarti 9,839 > 4,11. Terakhir, variabel independen memengaruhi variabel dependen sebesar 21,0%, dan sisanya 79% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

PBS

Publisher

Subject

Religion

Description

Shidqia: Jurnal Keuangan dan Perbankan Syariah (e-ISSN 3026-1732 ; p-ISSN 3026-1937), diterbitkan oleh Prodi Perbankan Syariah Fakultas Agama Islam Nusantara Bandung-Indonesia, terbit setahun dua kali pada bulan Juni dan Desember. Menerima dan menerbitkan artikel dengan fokus pada; Sistem Informasi ...