Jurnal Cyber PR
Vol 4, No 1 (2024)

Manfaat Infografis Pada Website Humas Polri Bagi Polsek dan Polres di Indonesia

Eni Kardi Wiyati (Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama), Jakarta)
Nurul Fadzar Sukarni (Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama), Jakarta)
Muhammad Avisena (Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama), Jakarta)



Article Info

Publish Date
05 Jul 2024

Abstract

Divisi Humas POLRI  berperan dalam menjalankan pelayanan di lapangan. Saat ini, peran Humas Polri sangat dipengaruhi oleh digitalisasi untuk menyampaikan sebuah informasi. Tujuan penelitian ini adalah bagaimana gambaran pemanfaatan infografis dan faktor faktor penting apa saja pada penggunaan infografis pada website Humas Polri dalam meningkatkan kegiatan internal Humas Polri. Teori yang digunakan adalah Element of Online PR dan New Media dari Philips Young, dengan metodologi yang digunakan adalah deskriptif kulalitatif dengan paradigma konstruktivisme. Hasil dari penelitian ini adalah infografis sangat tepat digunakan dalam menyampaikan informasi, karena penyampaian informasi menjadi lebih menarik, bisa diterima dan mudah dipahami. Infografis tersebut sebenarnya hanyalah informasi yang dikemas dalam bentuk gambar, animasi dan sedikit tulisan, sehingga khalayak tidak perlu memahami narasi yang disampaikan, cukup melihat dan memahami gambar, animasi dan alur yang disampaikan. Penggunaan media sosial dilakukan sesuai dengan hakikat dari media sosial itu sendiri yaitu, 1) Compiuting 2) Content and 3) Engagement, atau keterkaitan, ini semakin menunjukkan bahwa keterkaitan atau keterhubungan yang dilakukan dimedia sosial adalah hal yang penting, sebagai upaya memperluas penerimaan khalayak akan informasi. Penggunaan media sosial seperti Twitter, Instagram, Facebook serta Tiktok sudah dilakukan, dan hal itu menjadi keharusan dalam menyebarkan informasi di era digital  4.0 ini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cyberpr

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Cyber PR is a scientific journal that publishes scientific articles in the study of communication science. Jurnal Cyber PR aims to encourage research in public relations ...