Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis (JEMB)
Vol. 1 No. 2 (2023): November

Analisis Potensi Pasar Non-Tradisional Dalam Meningkatkan Ekonomi Indonesia Dan Namibia

Puput Febrianty (Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten)
Intan Wulandari (Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten)
Fadhila Meliyanti (Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten)
Ahmad Faiz Ramadhan (Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten)
Fitri Raya (Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2023

Abstract

Kajian ini mengeksplorasi Analisis Potensi Pasar Non-Tradisional Dalam Meningkatkan Ekonomi Indonesia Dan Namibia, khususnya di Indonesia. Studi ini menunjukkan bahwa negara-negara anggota SACU merupakan salah satu kawasan yang potensial untuk mengembangkan peluang perdagangan alternatif, khususnya terkait ekspor Indonesia Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Deskriptif - Kualitatif untuk menggambarkan gambaran keseluruhan potensi ekonomi, perkembangan potensi pasar non-tradisional dalam meningkatkan ekonomi indonesia serta memberikan gambaran perkembangan kerja sama ekonomi di dunia.  Hasil TCI menunjukkan bahwa ekspor Indonesia dapat lebih memenuhi kebutuhan impor negara-negara anggota SACU dibandingkan sebaliknya (kecuali Afrika Selatan). Selain itu, penelitian ini juga melakukan simulasi perdagangan bebas antara Indonesia dan Namibia (salah satu negara anggota SACU). Metode analisis keseimbangan parsial model SMART digunakan untuk simulasi. Lebih lanjut, hasil simulasi juga menunjukkan bahwa liberalisasi perdagangan antara Rhodes dan Namibia diperkirakan akan berdampak pada penurunan pendapatan bea cukai dan peningkatan kesejahteraan konsumen kedua negara  Analisis menyimpulkan, terdapat 12 negara yang masuk dalam kategori pasar tradisional Indonesia: Australia, Jerman, Italia, Jepang, Korea Selatan, Belanda, Malaysia, Filipina, Singapura, Inggris Raya, Amerika Serikat, dan Tiongkok (termasuk Hong Kong). Di sisi lain, sembilan negara ditemukan masuk dalam kategori pasar non-tradisional dalam klasifikasi negara pengekspor maju: Belgia, Prancis, India, Arab Saudi, dan Uni Soviet (dan Federasi Rusia), Spanyol, Thailand, Trinidad dan Tobago, dan Vietnam. Sebaliknya, pasar yang belum dimanfaatkan mencakup semua negara dan perekonomian yang tidak disebutkan di atas (total 219 negara dan perekonomian). Secara keseluruhan, hasil studi pengelompokan pasar ekspor Indonesia ini konsisten dengan banyak pernyataan pejabat pemerintah Indonesia.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jemb

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis (JEMB) adalah Jurnal manajemen dan bisnis menyediakan forum bagi Mahasiswa dan Dosen untuk mengeksplorasi masalah dan merefleksikan penelitian kuantitatif. Memuat artikel dibidang ekonomi khususnya ilmu manajemen, yang meliputi manajemen keuangan, manajemen ...