Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis (JEMB)
Vol. 1 No. 6 (2024): Juli

PENGARUH INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA, TINGKAT PENGANGGURAN DAN KEMISKINAN TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI INDONESIA (2014-2023)

Muhammad Anbia Alfath (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)
Rangga Mukti (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)
Nimas Safitri (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)
Muhammad Kurniawan (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)



Article Info

Publish Date
19 Jun 2024

Abstract

Pembangunan merupakan suatu yang dilakukan supaya menjadi lebih baik di masa mendatang, menurut UUD 1945, tujuan pembangunan nasional Indonesia adalah mewujudkan masyarakat yang lebih terdidik dan mengurangi kekerasan, namun rujuan tersebut belum tercapai sepenuhnya. Salah satu indicator yang menunjukan belum tercapainya tujuan pembangunan nasional tersebut adalah masih tinggi nya tingkat kemiskinan di Indonesia. Tingginya tingkat kemiskinan akan meningkatkan biaya pelaksanaan pembangunan dan akan menghambat jalannya pembangunan dengan tidak langsung.Proses pembangunan tidak hanya berkaitan dengan pertumbuhan tetapi juga peningkatan kesejahteraan, keamanan, keadilan, dan kualitas sumber daya alam dan sumber daya manusianya. Proses pembangunan, baik di bidang ekonomi maupun bidang lainnya, selalu melibatkan sumber daya manusia sebagai landasan utama. Penelitian dibuat dengan tujuan untuk melihat Pengaruh Indeks Pembangunan Manusia, Pengangguran, dan Kemiskinan terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia. Metode penelitian yang digunakan ialah penelitian kuantitatif dengan mengambil data sekunder dari BPS.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jemb

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis (JEMB) adalah Jurnal manajemen dan bisnis menyediakan forum bagi Mahasiswa dan Dosen untuk mengeksplorasi masalah dan merefleksikan penelitian kuantitatif. Memuat artikel dibidang ekonomi khususnya ilmu manajemen, yang meliputi manajemen keuangan, manajemen ...