Notasi: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 1 No. 2 (2023): Jurnal NOTASI

Implementasi Model Discovery Learning Melalui Kegiatan Lesson Study Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa

Zoatul Wardi (Universitas Hamzanwadi)
Nila Hayati (Universitas Hamzanwadi)
Ahmad Rasidi (Universitas Hamzanwadi)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa setelah diterapkannya pembelajaran matematika menggunakan model Discovery Learning pada siswa kelas VII MTs. Al-Majidiyah NW Majidi Tahun Pelajaran 2023/2024. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Model yang digunakan adalah Discovery Learning melalui kegiatan Lesson Study. Sumber data pada penelitian ini diperoleh dengan menggunakan lembar observasi dan tes kemudian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif dengan subjek penelitian sebanyak 31 orang Discovery Learning melalui kegiatan Lesson Study siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus dan setiap siklus terdiri atas tiga tahap, yaitu tahapan plan (perencanaan), do (pelaksanaan) dan see (refleksi). Hasil dan analisis data menunjukkan bahwa pembelajaran matematika menggunakan Discovery Learning melalui kegiatan lesson study memberikan peningkatan yang baik terhadap kemampuan komunikasi matematik siswa. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil tes dari tiap siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar matematika siswa. Pada siklus I persentase ketuntasan belajar klasikal hasil belajar siswa sebesar 74,17% dengan rata-rata kelas 73,01. Pada siklus II persentase ketuntasan klasikal hasil belajar siswa sebesar 80,64% dengan rata-rata 77,45. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran matematika menggunakan Discovery Learning melalui kegiatan Lesson Study pada siswa kelas VII MTs. Al-Majidiyah NW Majidi berhasil meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

notasi

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

NOTASI : Jurnal Pendidikan Matematika [e-ISSN: 2988-5906] adalah Jurnal Open Access yang membahas terkait tentang pendidikan matematika yang terjadi dalam konteks masyarakat di tingkat pendidikan dasar, menengah dan pendidikan tinggi. Jurnal Notasi menerima artikel ilmiah penelitian atau kajian ...