Notasi: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 2 No. 1 (2024): Jurnal NOTASI

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Self Efficacy Siswa

Kholifatun Nisa' (Universitas Islam Zainul Hasan Genggong)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2024

Abstract

Model Problem Based Learning (PBL) telah sejalan dengan kondisi di kurikum merdeka. Namun, tidak banyak model ini diterapkan dan diukur melalui kemampuan pemecahan masalah dan self efiicacy siswa. Sehingga dalam penelitian ini bertujuan untuk membandingkan efektivitas antara model Problem Based Learning (PBL) dan pembelajaran Langsung dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika dan self-efficacy siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasi eksperimen. Subjek penelitian ini adalah cluster random sampling, yang melibatkan dua kelas sebagai sampel, yaitu kelas VII F yang menerapkan Problem Based Learning (PBL) dan kelas VII E yang menggunakan pembelajaran langsung. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan uji Independent Sample t-Test untuk menguji pretest, post-test dan angket dengan tingkat signifikansi α = 0,05. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai signifikansi untuk kemampuan pemecahan masalah adalah 0,000 dan self-efficacy sebesar 0,000. Kedua nilai signifikansi tersebut lebih rendah dari 0,05. Dengan begitu, dapat disimpulkan bahwa Problem Based Learning (PBL) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah dan self-efficacy siswa berdasarkan penelitian ini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

notasi

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

NOTASI : Jurnal Pendidikan Matematika [e-ISSN: 2988-5906] adalah Jurnal Open Access yang membahas terkait tentang pendidikan matematika yang terjadi dalam konteks masyarakat di tingkat pendidikan dasar, menengah dan pendidikan tinggi. Jurnal Notasi menerima artikel ilmiah penelitian atau kajian ...