Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran carousel feedback, 2) mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran carousel feedback terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa, dan 3) mengetahui peningkatan sikap kreatif siswa secara deskriptif dalam pembelajaran matematika melalui penerapan model pembelajaran carousel feedback. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan kuantitatif bersifat eksperimen dengan desain the one group pretest – posttest design. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP Ihyauddiniyah Kecik tahun ajaran 2024/2025 berjumlah 46 siswa. Teknik sampel yang digunakan purposive sampling dan sampel yang dipilih adalah kelas VIII SMP Ihyauddiniyah Kecik tahun ajaran 2024/ 2025. Intrumen yang digunakan adalah tes, angket, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran carousel feedback memiliki nilai rata-rata sebesar 82,33% dengan kategori baik, 2) pengaruh penerapan model pembelajaran carousel feedback dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa sebesar 0,890 atau 89% dan sisanya sebesar 11% dipengaruhi oleh faktor lain, 3) sikap kreatif siswa dalam penerapan model pembelajaran carousel feedback dari pertemuan pertama sampai dengan pertemuan ke empat mengalami peningkatan, hasil akhir yang diperoleh dari hasil rata-rata nilai rasa ingin tahu sebesar 17,67, bersifat imajinatif sebesar 15,17, merasa tertantang oleh kemajemukan sebesar 10, dan sifat berani mengambil resiko sebesar 17,5.
Copyrights © 2024