TarbiyahMU
Vol. 4 No. 1 (2024): TarbiyahMu

PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) BERBASIS BAHASA INGGRIS SEBAGAI UPAYA MENGHADAPI TANTANGAN GLOBALISASI DI STIT MUHAMMADIYAH BANJAR: Pembelajaran PAI, Pembelajaran Berbasis Bahasa Inggris, Globalisasi.

supriatna, nana (Unknown)
Muhria, Lanlan (Unknown)
Hamdani, Haris (Unknown)
Irfan Marjuqi, Adi (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Aug 2024

Abstract

Saat ini, masyarakat global sedang menghadapi fenomena globalisasi. Situasi ini secara tidak langsung telah membawa tuntutan-tuntutan yang memerlukan perhatian khusus dari semua lapisan masyarakat. Globalisasi menimbulkan berbagai tantangan, termasuk kemampuan bertahan menghadapi fenomena global, kesiapan untuk bersaing di era kompetisi, serta peningkatan kualitas diri sebagai sumber daya manusia yang memenuhi syarat. Hal ini dapat diupayakan melalui pembaharuan pendidikan dan penciptaan inovasi-inovasi baru dalam bidang pendidikan. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) berbasis bahasa Inggris diharapkan menjadi salah satu cara untuk mempersiapkan Mahasiswamenghadapi tantangan globalisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran PAI berbasis bahasa Inggris dapat menjadi upaya dalam menghadapi tantangan globalisasi. Penelitian dilakukan di STIT Muhammad Banjar pada semester II tahun akademik 2023/2024 dengan menggunakan metode deskriptif-kualitatif. Dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran PAI berbasis bahasa Inggris dapat menjadi upaya untuk mempersiapkan mahasiswa menghadapi tantangan globalisasi karena memberikan manfaat yang relevan sebagai solusi atas permasalahan tersebut. Kata Kunci: Pembelajaran PAI, Pembelajaran Berbasis Bahasa Inggris, Globalisasi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

TarbiyahMU

Publisher

Subject

Religion Humanities Other

Description

TarbiyahMu merupakan jurnal ilmiah yang berkomitmen untuk memajukan pengetahuan dan praktik di bidang pendidikan melalui publikasi penelitian yang berkualitas. Jurnal ini berfokus pada Penelitian Tindakan Kelas (PTK), penelitian di bidang pendidikan, pendidikan anak usia dini, budaya Islam, dan ...