Perkembangan teknologi mengalami kemajuan yang sangat pesat saat ini. Dengan latar belakang era digital dan globalisasi, pendidikan harus senantiasa beradaptasi dengan perkembangan teknologi. Guru dapat menggunakan sumber daya pendidikan pada kegiatan pembelajaran, akan tetapi banyak guru tidak menindak lanjuti sehingga tetap menerapkan metode ceramah yang mengakibatkan murid cenderung tidak memperhatikan guru pada saat kegiatan belajar. Penelitian ini dilakukan untuk mengamati bagaimana guru dan siswa berinteraksi serta mengetahui peningkatkan hasil belajar pada pendidikan matematika dengan media video interaktif. Siklus I dan II dari penelitian tindakan kelas (PTK) ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Kesimpulannya adalah bahwa: (1) Guru melihat aktivitas siswa pada siklus I rata-rata 54,16% dan siklus II 88,54%, peningkatan siklus I dan II 34,8%; (2) Siswa melihat aktivitas guru pada siklus I rata-rata 48% dan siklus II 84%, peningkatan siklus I dan II 36%; dan (3) Hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata 48% dan siklus II 84%, peningkatan siklus I dan II 36%.
Copyrights © 2024