Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI)
Vol. 4 No. 2 (2024): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 2024 (2)

Penerapan Model PjBL (Project Based Learning) untuk Meningkatan Kretivitas Siswa melalui Mata Pelajaran P5PPRA pada Kurikulum Merdeka Belajar di Kelas IV MIN Kota Bima

Mahiratin Mahiratin (Universitas Muhammadiyah Bima)
Syarifuddin Syarifuddin (Universitas Muhammadiyah Bima)
Yayuk Kusumawati (Universitas Muhammadiyah Bima)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini diangkat dari fenomena yang terjadi ketika pada siswa kelas IV MIN Kota Bima yang menunjukan kedisiplinan mereka terhadap waktu  ketika mengikuti mata pelajaran P5PPRA serta adanya jiwa kreativitas yang di miliki siswa yang mampu bermuat akhir sebagai kewirausahaan dan sebagainya. Melalui penerapan model PjBL akan meningkatkan kreativitas siswa pada mata pelajaran P5PPRA yang bukan hanya membentuk siswa yang mampu membuat produk kerajinan dan olahan makanan namun juga tetap termuat nilai agama, pancasila, sosial dan masih banyak lagi dalam membentuk akhlak karakter siswa yang lebih mencintai agamanya, bangsanya sehingga berguna dalam mengharumkan diri dan bangsanya lewat kreativitas produk dan karakter yang makin menarik. Penulisan ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini berlokasi di MIN Kota Bima. Informan kunci dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas dan informan pendukungnya yaitu siswa kelas 4 serta diperkuat melalui artikel dll. Untuk mengumpulkan data, penulis melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi.  Setelah data terkumpul, penulis menganalisis data. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Project Based Learning meningkatkan kreativitas siswa melalui mata pelajaran P5PPRA “proyek penguatan profil pelajar pancasila dan profil pelajar rahmatan lil’alamin” pada kurikulum merdeka belajar di kelas IV MIN Kota Bima.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jppi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI) dengan p-ISSN: 2797-2879 dan e-ISSN: 2797-2860 merupakan jurnal pendidikan dan pembelajaran yang menerbitkan artikel hasil kajian teori dan hasil penelitian dibidang pendidikan dan pembelajaran pada satuan pendidikan sekolah dasar, satuan ...