Puskesmas sebagai salah satu sarana pelayanan kesehatan yang paling penting dalam mengemban tugas untuk memberi pelayanan kesehatan kepada seluruh masyarakat. Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang memberikan gambaran tentang upaya Puskesmas Rowosari 1 dalam memberikan pelayanan yang optimal kepada pasien yang berobat di Puskesmas Rowosari 1. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik berupa observasi dikembangkan dengan wawancara kepada informan. Data tersebut kemudian di analisis dan di kumpulkan penulis selanjutnya disajikan secara deskriptif kualitatif yang diperoleh dari hasil wawancara dan observasi. Teori yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan Teori Parasuraman (2014) yakni lima dimensi pokok kualitas pelayanan yang biasa dikenal dengan istilah kualitas pelayanan “RATER” (Responsiveness, Assurance, Tangible, Empathy, dan Reliability). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Puskesmas Rowosari 1 telah melaksanakan pelayanan namun tingkat keramahan dalam pelayanan masih kurang, kemudian pencatatan maupun pemeriksaan kepada pasien BPJS dengan baik, petugas telah melaksanakan pencatatan data pasien BPJS, pemeriksaan pasien maupun tindak lanjut pasien sesuai dengan prosedur. Pelayanan terhadap pasien BPJS telah disesuaikan dengan keluhan yang dirasakan pasien. Seharusnya di dalam sebuah pelayanan, Puskesmas Rowosari 1 mengerti dimensi-dimensi yag menunjang pelayanan agar terlaksana dengan baik.
Copyrights © 2024