Produk dan layanan berkualitas memegang peranan penting dalam menciptakan kepuasan konsumen. Loyalitas merupakan komitmen yang kuat untuk terus membeli atau berlangganan produk atau layanan tertentu di masa depan dengan cara membeli merek yang sama secara berulang kali, meskipun ada situasi dan upaya pemasaran yang berpotensi mempengaruhi perubahan perilaku. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat brand loyalty dalam upaya customer retention rokok Sampoerna A Mild di Kota Gunungsitoli. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah kualitatif bersifat deskriptif yaitu untuk menggambarkan dan menganalisis fenomena, aktivitas sosial, sikap, dan perilaku manusia yang menjadi fokus penelitian. Beragam peristiwa, pemikiran, dan persepsi dari individu atau kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelanggan Sampoerna A Mild cenderung memiliki tingkat brand loyalty yang tinggi, dengan banyak dari pelanggan terus memilih produk ini secara konsisten dibandingkan dengan merek lain. Adanya beberapa faktor yang mempengaruhi brand loyalty seperti kualitas produk, citra merek, pengalaman pengguna, dan faktor psikologis memainkan peran penting dalam membangun dan mempertahankan brand loyalty.
Copyrights © 2024