JGSD : Jurnal Guru Sekolah Dasar
Vol. 1 No. 2 (2024): Jurnal Guru Sekolah Dasar Bulan Agustus 2024

Optimalisasi Pembelajaran Matematika Untuk Siswa Autis Di Lingkungan Sekolah Dasar Negeri

Roni Agus Subagyo (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Ummie Masruroh (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Intan Kumala Dewi (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Minsih Minsih (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Ernawati Ernawati (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mndeskripsikan optimalisasi pembelajaran matematika untuk siswa autis di sekolah dasar negeri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus di SDN 01 Bolong Karanganyar dengan subjek penelitian terdiri dari 1 siswa autis yang berada di kelas 4, Guru kelas 4, serta 1 orang tua siswa. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif dan analisis dokumen. Data yang diperoleh dari wawancara, observasi, dan analisis dokumen dianalisis menggunakan teknik analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika yang disesuaikan dengan kebutuhan anak autis dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam memahami konsep-konsep dasar matematika. Pendekatan yang inklusif, penggunaan berbagai strategi pembelajaran, serta peran aktif orang tua dan guru sangat penting dalam mendukung keberhasilan pembelajaran anak autis.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jgsd

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Guru SD adalah jurnal akses terbuka peer-review yang didirikan oleh Forum Guru Wiyata Bhakti (FGWB) yang berkedudukan di Kabupaten Grobogan. Jurnal ini berfungsi sebagai platform penting yang didedikasikan untuk menerbitkan artikel penelitian berkualitas tinggi, makalah ulasan, dan studi ...