Jurnal Informasi Akuntansi
Vol. 1 No. 3 (2022): Jurnal Informasi Akuntansi (JIA) Volume 1 Nomor 3 Tahun 2022

Pengaruh Financial Distress Dan Ceo Gender Terhadap Konservatisme Akuntansi Di Perusahaan Sektor Jasa Transportasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI)

Wijaya, Kelvin (Unknown)
Kesaulya, Feby Astrid (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Feb 2023

Abstract

Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari financial distress dan CEO gender terhadap penerapan atau praktik konservatisme akuntansi terutama di masa pandemi Covid-19 yang berfokus pada perusahaan jasa transportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan periode penelitian dari tahun 2019-2020. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data sekunder yang berasal dari laporan keuangan. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan jasa transportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Teknik sampling yang digunakan adalah metode purposive sampling dan diperoleh 26 perusahaan dengan total 52 sampel. Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis regresi logistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa financial distress dan CEO gender tidak berpengaruh terhadap praktik konservatisme akuntansi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jia

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Tujuan Jurnal Informasi Akuntansi (JIA) adalah untuk menyediakan platform yang berkualitas bagi penelitian terbaru dalam bidang akuntansi. JIA bertujuan untuk: Meningkatkan pengetahuan dan praktik dalam bidang akuntansi. Memfasilitasi diskusi dan berbagi pengetahuan di kalangan akademisi, praktisi, ...