Journal of Education and Teaching Learning
Vol. 2 No. 1 (2024)

Peningkatan Sikap Kedisiplinan Dan Pembelajaran PKN Menggunakan Model Paradigma Pedagogik Siswa Kelas III Sekolah Dasar

Cici Jengo (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jan 2024

Abstract

Peningkatan sikap kedisiplinan siswa melalui model paradigma pedagogik pada mata pelajaran Pkn di kelas III SDN 03 Buntulia Kabupaten Pohuwato, dibimbing oleh Moh Jenli Abbas S.Pd.,M.Pd sebagai pembimbing satu dan Nursyaida S.Pd.,M.Pd sebagai pembimbing dua. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap disiplin siswa melalui model pembelajaran paradigma pedagogik metode yang digunakan dalam penelitian adalah tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam beberapa tahap yaitu, tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data hasil sikap kedisiplinan siswa pada siklus I siswa yang tuntas hanya berjumlah 4 siswa atau 23,5% yang belum tuntas berjumlah 13 siswa atau 76,4%. Pada siklus II yang memperoleh nilai sangat baik ada 16 siswa atau 94,11% yang memperoleh nilai baik 0 sedangkan yang memperoleh nilai cukup 1 orang atau 5,8% . Hal ini merupakan salah satu bukti keberhasilan sikap keberhasilan siswa melalui model paradigma pedagogik, pada mata pelajaran PKn. Berdasarkan hasil penelitian, dapat dilihat bahwa penggunaan model pembelajaran paradigma pedagogik pada mata pelajaran PKn di kelas III SDN 03 Buntulia Kabupaten Pohuwato, dapat meningkatkan Sikap Kedisiplinan Siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

MJPJETL

Publisher

Subject

Other

Description

Journal of Education and Teaching Learning: is an open-access, double-blind peer-reviewed journal published by PT Media Jurnal dan Pendidikan. (MJPJETL) aims to promote excellence through dissemination of high-quality research findings, specialist knowledge, and discussion of professional issues ...