Journal of Civil Engineering and Vocational Education
Vol. 10 No. 2 (2023): June 2023

Karakteristik Pemilihan Moda Transportasi Menuju Kampus (Studi Kasus: Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang)

Oktaviani Oktaviani (Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang)
Meificen Pebriani (Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Terjadinya peningkatan jumlah penggunaan kendaraan roda dua di Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang mendorong peneliti untuk menyelidiki karakteristik alat transportasi pilihan mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang yang masih aktif periode Januari-Juni 2023 sebagai responden yang dipilih dengan metode Cluster Random Sampling dengan sampel sebanyak 100 sampel yang terbagi secara proporsional di setiap departemen Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. Data dianalisis dengan menggunakan uji statistik deskriptif berdasarkan data survei menggunakan instrumen kuesioner. Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukkan persentase dari pemilihan moda transportasi oleh mahasiswa ke kampus yaitu angkutan pribadi sebesar 51% dan nebeng dengan orang lain 10% dimana rincian penggunakan kendaraan berupa (sepeda motor 58%, mobil 2% dan sepeda 1%), kendaraan umum sebesar 9% (angkot 1%, transpadang 5% dan transportasi online 3%) dan sisanya mahasiswa memilih untuk berjalan kaki 30%. Secara deskriptif, responden menyebutkan waktu perjalanan sebagai faktor yang paling mempengaruhi pilihan moda transportasi mereka dengan persentase sebesar (38%), diikuti oleh biaya (34%), kenyamanan (15%) dan keselamatan/keamanan (13%). Dari hasil penelitian yang menunjukkan bahwa penggunaan kendaraan pribadi berupa sepeda motor memiliki persentase terbesar maka pihak kampus harus mempertimbangkan dalam penyediakan lahan parkir untuk kendaraan tersebut.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

CIVED

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education Engineering Environmental Science Transportation

Description

CIVED Is a periodical scientific journal published three times a year, in March, June and September by the Department of Civil Engineering, Faculty of Engineering, Padang State University. The CIVED journal is a medium for publishing the results of scientific research by students, academics, ...