Procuratio : Jurnal Ilmiah Manajemen
Vol 11 No 3 (2023): Procuratio : Jurnal Ilmiah Manajemen

PENGARUH BAURAN PEMASARAN 7P TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DAN LOYALITAS PELANGGAN SALON ORCHID CABANG SUKAJADI PEKANBARU

Andi Andi (Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia)
Suyono Suyono (Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia)
Sudarno Sudarno (Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia)
Harry Patuan Panjaitan (Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia)
Denisa Syahriza (Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2023

Abstract

The marketing mix is ​​a set of tools used by marketers to shape the characteristics of the services offered to customers in order to achieve customer satisfaction and customer loyalty. This study aims to determine the effect of the 7P marketing mix (Product, Price, Promotion, Place, People, Process, Physical Evidence) on customer satisfaction and customer loyalty at Orchid Salon, Sukajadi Pekanbaru Branch. The population in this study were customers of the Orchid Salon Sukajadi Pekanbaru Branch, with a total sample of 180 people. For data analysis in this study include; descriptive analysis of respondents' perceptions of research variables, and analysis Structural Equation Model (SEM) namely Measurement Model Test analysis, Goodness of Fit Test analysis, Normality analysis, Validity Test analysis and Reliability Test, and Hypothesis Testing analysis, using the SEM AMOS 24 application. The results of this study show the effect of Product, Promotion, People, on satisfaction customer influence is not unidirectional or negative. Effect of Price, Place, Process on Customer Satisfaction has a positive effect on customer satisfaction but there is no relationship. The effect of physical evidence on customer satisfaction has a significant effect. The influence of Product, Price, Place, Physical Evidence on customers is not unidirectional or negative. The Effect of Promotion, People, Process, Customer Satisfaction on Customer Loyalty has a positive effect on customer satisfaction but there is no relationship. Bauran pemasaran merupakan seperangkat alat yang digunakan pemasar untuk membentuk karakteristik jasa yang ditawarkan kepada pelanggan guna untuk meraih kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran 7P (Produk, Harga, Promosi, Tempat, Orang, Proses, Bukti Fisik) terhadap kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan.pada Salon Orchid Cabang Sukajadi Pekanbaru. Populasi pada penelitian ini adalah pelanggan Orchid Salon Cabang Sukajadi Pekanbaru jumlah sampel sebanyak 180 orang. Untuk analisis data dalam penelitian ini meliputi; analisis deskriptif persepsi responden terhadap variabel penelitian, dan analisis Structural Equation Model (SEM) yaitu analisis Uji Measurement Model, analisis Uji Goodness of Fit, analisis normalitas, analisis Uji Validitas dan Uji Reliabilitas, dan analisis Pengujian Hipotesis, dengan menggunakan aplikasi SEM AMOS 24. Hasil penelitian ini menunjukkan pengaruh Produk, Promosi, Orang, terhadap kepuasan pelanggan berpengaruh tidak searah atau negatif. Pengaruh Harga, Tempat, Proses terhadap Kepuasan Pelanggan berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan tetapi tidak ada hubungan. Pengaruh Bukti Fisik terhadap kepuasan pelanggan berpengaruh signifikan. Pengaruh Produk, Harga, Tempat, Bukti Fisik terhadap pelanggan tidak searah atau negatif. Pengaruh Promosi, Orang, Proses, Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan tetapi tidak ada hubungan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

PROCURATIO

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Procuratio : Jurnal Ilmiah Manajemen (p-ISSN: 2549-5690; e-ISSN: 2580-3743) menerbitkan artikel-artikel di bidang Manajemen, seperti Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia, dan Manajemen Sistem Informasi. Redaksi menerima artikel ilmiah dalam bentuk hasil penelitian, ...