Jurnal Sosial dan Sains
Vol. 4 No. 7 (2024): Jurnal Sosial dan Sains

Peran Keterlibatan Orang Tua dalam Peningkatan Prestasi Belajar Anak di RA Al Wasliyah Cirebon

Ginna Novarianti Dpp (Universitas Kuningan)
Arif Rohman Hakim (Sekolah Tinggi Agama Islam Kuningan)
Solehudin Solehudin (Sekolah Tinggi Agama Islam Kuningan)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2024

Abstract

Latar Belakang: Peningkatan prestasi belajar anak merupakan salah satu tujuan utama pendidikan anak usia dini (PAUD). Terdapat banyak faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar anak, salah satunya adalah peran orang tua. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran keterlibatan orang tua dalam peningkatan prestasi belajar anak di RA Al Washliyah Cirebon. Metode: Penelitian ini menggunakan desain penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan bantuan program statistika. Hasil: Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara keterikatan orang tua dengan prestasi belajar anak. Kesimpulan: Orang tua yang memiliki keterikatan yang kuat dengan anak cenderung memiliki anak yang memiliki prestasi belajar yang lebih baik. Oleh karena itu, orang tua perlu meningkatkan keterikatannya dengan anak agar dapat membantu anak mencapai prestasi belajar yang optimal.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sosains

Publisher

Subject

Astronomy Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Physics

Description

Jurnal sosial dan sains (SOSAINS) is a double blind peer-reviewed academic journal and open access to social and science fields. The journal is published monthly by Green Publisher Indonesia. Jurnal sosial dan sains (SOSAINS) provides a means for sustained discussion of relevant issues that fall ...