Penelitian yang dilakukan dilatar belakangi oleh lingkungan belajar yang tidak menarik dan peserta didik tidak mendapatkan pengalaman belajarnya sehingga kemampuan kognitif peserta didik masih rendah. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui kemampuan kognitif peserta didik melalui pembelajaran menggunakan model project based learning berwawasan lingkungan. Metode yang digunakan yaitu deskriftif kuantitatif. Dengan menggunakan teknik purposiv sampling. Sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VII A MTs Nurul Huda yang berada di Kabupaten Sukabumi pada tahun ajaran 2022/2023 semester genap. Instrumen berupa tes kemampuan kognitif. Hasil yang didapatkan yaitu rata-rata pretest 46,06 ± 11 dan posttest 73,33 ± 10. Persentase rerata kemampuan kognitif peserta didik sebesar 67,9% termasuk ke dalam kategori baik. Adapun persentase setiap indikator kemampuan kognitif adalah C1 sebesar 79,1%, C2 sebesar 73,5%, C3 sebesar 59,1%, C4 sebesar 68,2%, C5 dan C6 sebesar 63,6%. Dengan demikian model project based learning berwawasan lingkungan berpengaruh terhadap kemampuan kognitif peserta didik.
Copyrights © 2024