Biodik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi
Vol. 2 No. 2 (2016): Desember 2016

PENERAPAN ASESMEN BERBASIS PORTOFOLIO DAN JURNAL BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN METAKOGNITIF DAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH PERENCANAAN PENGAJARAN BIOLOGI

Ali Sadikin (UNJA)
Mia Aina (Unknown)
Nasrul Hakim (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Apr 2018

Abstract

ABSTRAK.Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan metakognitif dan motivasi belajar mahasiswa pada matakuliah perencanaan pengajaran biologi prodi pendidikan biologi melalui penerapan assessment pembelajaran berbasis portofolio dan jurnal belajar. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus tindakan, setiap siklus tindakan yang dilaksanakan terdiri atas empat tahapan. Hasil penelitian ini adalah (1) Penerapan assessment pembelajaran berbasis portofolio dan jurnal belajar mampu meningkatkan kemampuan metakognitif. Persentase skor kemampuan metakognitif sebelum tindakan 65,2% termasuk dalam kategori cukup. Persentase skor emampuan metakognitif meningkat pada siklus I menjadi 70,6% termasuk dalam kategori baik dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 77,1% termasuk dalam katgori baik. (2) Penerapan assessment pembelajaran berbasis portofolio dan jurnal belajar mampu meningkatkan motivasi belajar. Persentase skor motivasi belajar sebelum tindakan 65% termasuk dalam kategori cukup. Persentase skor motivasi belajar meningkat pada Siklus I menjadi 82,50% termasuk dalam kategori sangat baik dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 89,50% termasuk dalam kategori sangat baik.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

biodik

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Decision Sciences, Operations Research & Management Education Environmental Science Social Sciences

Description

Biodik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi receiving and publishing article in the form of research (scientific article) in the field of biology education and utilization of biological research in learning. Moreover, this journal bridges the gap between research and practice, providing information, ...