Biodik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi
Vol. 2 No. 2 (2016): Desember 2016

ANALISIS HAMBATAN GURU BIOLOGI PADA IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI KELAS X MIA SMA NEGERI BERAKREDITASI A SE-KOTA JAMBI




Article Info

Publish Date
24 Apr 2018

Abstract

Abstrak. Penelitian deskriptif analitik ini bertujuan untuk mengetahui hambatan yang dialami oleh guru Biologi dalam implementasi Kurikulum 2013 di Kelas X MIA SMA Negeri Berakreditasi A Se-kota Jambi. Hasil penelitian menunjukkan hambatan yang dialami oleh guru mata pelajaran Biologi antara lain: (1) guru kurang mampu melaksanakan pembelajaran dan membimbing siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran dengan pendekatan Scientific, (2) kurangnya kreatifitas guru dalam menerapkan metode, model, dan media yang seharusnya menimbulkan ketertarikan siswa untuk lebih aktif dalam belajar, (3) siswa yang aktif lebih sedikit, hal ini disebabkan keanekaragaman siswa, daya imajinasi, kreatif, pengetahuan, sikap/perilaku terhadap mata pelajaran berbeda, (4) terbatasnya waktu, tenaga, dan modalitas guru untuk melaksanakan semua bentuk dan teknik penilaian dalam Kurikulum 2013, dan (5) siswa sulit untuk mencerna dan memahami isi atau pesan yang di sampaikan pada buku.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

biodik

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Decision Sciences, Operations Research & Management Education Environmental Science Social Sciences

Description

Biodik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi receiving and publishing article in the form of research (scientific article) in the field of biology education and utilization of biological research in learning. Moreover, this journal bridges the gap between research and practice, providing information, ...