Jurnal Hasil-Hasil Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (JHP2M)
Vol. 2 No. 2 (2023): Volume 02 Nomor 02 (Oktober 2023)

Peningkatan Literasi Agama, Budaya, dan Kewarganegaraan melalui Program Rumah Cerdas Desa Mallongi-Longi

Said Fachry Assagaf (Universitas Negeri Makassar)
Nurul Alfiah BM (Universitas Negeri Makassar)
Arif Pongsimpin (Universitas Negeri Makassar)
Nurhana (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2023

Abstract

Program Rumah Cerdas Agama, Budaya, dan Kewarganegaraan di Desa Mallongi-Longi bertujuan meningkatkan literasi agama, budaya, dan kewarganegaraan dalam masyarakat. Kurangnya pendidikan karakter dan wadah literasi menunjukkan perlunya peningkatan pendidikan di semua generasi. PPK Ormawa HMJ Matematika FMIPA UNM hadir sebagai solusi melalui program ini. Program ini melibatkan kelas, seminar, dan perlombaan dengan fokus pada tiga kegiatan utama: kelas sahabat Qur'ani, kelas budaya dan kewarganegaraan, serta dirgahayuku-17. Dalam waktu 58 hari, program ini melibatkan anak-anak, remaja, dan masyarakat umum Desa Mallongi-Longi. Evaluasi melalui angket menunjukkan respon positif dan harapan akan keberlanjutan program. Program ini berhasil memperluas pengetahuan, sikap, dan keterampilan masyarakat dalam literasi agama, budaya, dan kewarganegaraan. Program Rumah Cerdas Agama, Budaya, dan Kewarganegaraan ini memberikan solusi konkret untuk meningkatkan literasi di Desa Mallongi-Longi. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang nilai-nilai sosial, budaya, dan agama, diharapkan masyarakat dapat berpartisipasi aktif dalam membangun lingkungan yang harmonis dan menjaga persatuan dalam kerangka negara.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JHP2M

Publisher

Subject

Humanities Education Library & Information Science Social Sciences Other

Description

The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of community services. This journal focuses on the main problems in the development of the sciences of community services areas as follows: Education for ...