Jurnal Hasil-Hasil Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (JHP2M)
Vol. 3 No. 1 (2024): Volume 03 Nomor 01 (April 2024)

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) sebagai Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Menjadi Guru yang Profesional dalam Peningkatan Pembelajaran Siswa SD, SMP, dan SMK di Desa Bune, Kecamatan Libureng, Kabupaten Bone

Muhammad Ammar Naufal (Universitas Negeri Makassar)
Awi (Universitas Negeri Makassar)
Hisyam Ihsan (Universitas Negeri Makassar)
Febrianti Khoirunnisa (Universitas Negeri Makassar)
Muhammad Nur Akbar Syah (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2024

Abstract

Program pengabdian ini merupakan implementasi tanggung jawab untuk menjadi guru yang professional dalam peningkatan pembelajaran siswa melalui kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di Desa Bune, Kecamatan Libureng, Kabupaten Bone. Kegiatan ini diikuti dan dilaksanakan oleh tim KKN Tematik, kolaborasi antara FMIPA dan FEB UNM yang didukung oleh masyarakan dan sekolah terkait. Pengabdian ini dilakukan pada akhir bulan Juni 2023 sampai awal bulan September 2023 yang bertempat di SD Inpres 3/77 Bune, SDN 180 Bune, SMPN 1 Libureng, dan SMKN 3 Bone. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini yaitu, bahwa PPL memberikan dampak positif pada sekolah dengan meningkatkan kualitas pembelajaran. Selain itu, program ini juga membantu tim pengabdi dalam memperkuat kepercayaan diri mereka sebagai calon guru, mempersiapkan mereka untuk menjadi pendidik yang profesional di masa depan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JHP2M

Publisher

Subject

Humanities Education Library & Information Science Social Sciences Other

Description

The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of community services. This journal focuses on the main problems in the development of the sciences of community services areas as follows: Education for ...