Jurnal Hasil-Hasil Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (JHP2M)
Vol. 3 No. 1 (2024): Volume 03 Nomor 01 (April 2024)

Pelatihan Numerasi di SMP N 07 Kota Bengkulu sebagai Upaya Persiapan Asesmen Kompetensi Minimum

Herlin Fransiska (Program Studi Statistika, FMIPA Universitas Bengkulu)
Dyah Setyo Rini (Program studi Statistika, FMIPA Universitas Bengkulu)
Dian Agustina (Program Studi Statistika, FMIPA Universitas Bengkulu)
Etis Sunandi (Program Studi Statistika, FMIPA Universitas Bengkulu)
Pepi Novianti (Program Studi Statistika, FMIPA Universitas Bengkulu)
Riwi Dyah Pangesti (Program Studi Statistika, FMIPA Universitas Bengkulu)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2024

Abstract

Upaya yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan kemampuan numerasi ialah dengan menerapkan tes Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Hasil wawancara terhadap satu orang guru SMP N 07 Kota Bengkulu, menunjukkan sekolah belum mempersiapkan secara khusus dalam menghadapi tes AKM. Berdasarkan hasil wawancara, siswa yang masuk SMP N 07 ialah anak warga sekitar yang yang memiliki keterbatasan kondisi sosial, ekonomi, teknologi dan kemampuan yang kurang. Untuk pembelajaran daring siswa hanya mampu menggunakan whatsapp ataupun SMS, siswa dan guru sebagian besar tidak memiliki laptop serta jaringan internet WIFI sehingga dampak pembelajaran daring sangat dirasakan oleh siswa. Siswa banyak yang belum lancar menerapkan ilmu matematika dalam soal cerita sehingga nilai matematika siswa secara keseluruhan turun saat pembelajaran daring bahkan kemampuan literasi matematika (Numerasi) sangat rendah. Kegiatan pengabdian ini diyakini dapat meningkatkan kemampuan literasi matematika dan mengurangi dampak pembelajaran daring maupun luring sistem shift karena pandemi Covid-19. Kegiatan ini akan membuat siswa menjadi melek literasi numerasi. Agar kegiatan ini menjadi efektif dan efisien maka akan digunakan beberapa rencana kegiatan seperti adanya buku saku/modul, video edukasi, penyelesaian menggunakan software matematika dan kegiatan berbentuk games. Hasil analisis pretest dan postest menggunakan uji-t menyatakan bahwa ada perbedaan yang nyata antara sebelum dan sesudah diberikan pelatihan terhadap siswa SMP N 07 Kota Bengkulu.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JHP2M

Publisher

Subject

Humanities Education Library & Information Science Social Sciences Other

Description

The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of community services. This journal focuses on the main problems in the development of the sciences of community services areas as follows: Education for ...