Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 3 No. 1

Pendidikan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Pada Anak TK ABA An-Nur

Farida Kartini (Unknown)
M. Hakimi (Unknown)
Fitnaningsih Endang Cahyawati (Unknown)
Indah Christiana (Unknown)
Siti Nurul Fadhilah Sari (Unknown)
Okta Zenita Siti Fatimah (Unknown)
Ana Rofika (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2024

Abstract

Mengajarkan cara-cara untuk menjaga kebersihan diri dan menjaga kesehatan harus dimulai sejak kecil. Membiasakan anak untuk selalu melakukan hal-hal positif terutama yang berkaitan dengan menjaga kebersihan diri nantinya akan menjadikan suatu hebit yang baik di masa mendatang. Oleh karenanya, untuk membiasakan perilaku tersebut, cara yang dapat dilakukan yakni memberikan pendidikan personal hygiene pada anak prasekolah. Pendidikan prasekolah ini dimaksudkan untuk mengajarkan anak prasekolah/Taman Kanak-kanak (TK) bagaimana cara melakukan personal hygiene. Pada kegiatan tersebut materi-materi yang akan disampaikan adalah apa itu thoharoh, menjaga kebersihan diri sehari-hari. Dengan diketahuinya kedua hal tersebut diharapkan anak-anak sudah sejak kecil menjaga kebersihan dirinya sehingga meminimalisir untuk terjadinya sakit. Solusi yang ditawarkan adalah membekali anak-anak TK mengenai tata cara thoharoh (wudlu, cara membersihkan diri dengan mencuci tangan). Hal tersebut dirasa sangat perlu diajarkan pada anak-anak TK mengingat agar tumbuh hebit yang baik dalam diri anak dimasa yang akan datang. TK yang akan menjadi mitra dalam PkM ini adalah TK ABA AN-Nur. Luaran adalah transfer pengetahuan dan keterampilan mengenai thoharoh dan tata cara menjaga personal hygiene sebagai upaya pemberdayaan masyarakat dibidang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

judimas

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Health Professions Other

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat (JUDIMAS): bna journal aims to publish articles on the results of community service from academics, researchers and practitioners in various fields of science including education, engineering, agriculture, health, social humanities, information technology, and ...