JAPMAS : Jurnal Politik dan Demokrasi
Vol. 2 No. 1 (2024): Edisi April

PERAN PARTAI POLITIK DALAM REKRUTMEN CALON ANGGOTA LEGISLATIF PADA PEMILU 2024 (STUDI DPD PARTAI DEMOKRAT SULAWESI TENGGARA)

Aliah Maharani Tenar (Universitas Halu Oleo)
La Ode Harjudin (Universitas Halu Oleo)
Joko (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
23 Apr 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran partai politik dalam rekrutmen calon anggota legislatif pada pemilu 2024 pada partai demokrat. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian ini peran DPD Partai Demokrat Sulawesi Tenggara dalam pelaksanaan rekrutmen caleg untuk menghadapi pelaksanaan pemilu tahun 2024 menggunakan peran berkomunikasi, pendidikan caleg dan mengsosialisasikan berbagai hal yang berkaitan dengan kepartaian untuk meningkatkan pemahaman dan kualitas sumber daya calon anggota legislatif. Rekrutmen calon anggota legislatif menggunakan rekrutmen terbuka yang dimana partai demokrat menyebarkan peraturan rekrutmen melaui media online sehingga bisa memberikan kesempatan bagi masyarakat yang ingin mengikuti rekrutmen caleg melalui partai demokrat. DPD Partai Demokrat melakukan proses rekrutmen melalui 3 indikator yaitu penyediaan, kriteria, dan kontrol.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

JAPMAS : Jurnal Politik dan Demokrasi is a peer-reviewed journal published by the Department of Political Science, Faculty of Social and Political Science, Universitas Halu Oleo. Published 2 (two) issues in a year (April and October). JAPMAS: Jurnal Politik dan Demokrasi publishes various concepts ...