Jurnal Pengabdian Masyarakat "Wiryakarya"
Vol 1, No 01 (2022)

Pelatihan Strategi Pemasaran UMKM di Era Industri 4.0

Moh. Ubaidillah (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
14 Jan 2022

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh tenaga ahli akademik perguruan tinggi yang menjadi salah satu dari tuntutan Tri Dharma Perguruan tinggi. Sasaran dari kegiatan ini adalah Para pelaku UMKM karena usahanya yang lebih mengutamakan padat karya dapat membantu mengatasi permasalahan negara dalam hal pengangguran. Di Era Industri 4.0 semua aktivitas produksi dan transaksi sudah menggunakan teknologi yang mengkolaborasikan teknologi cyber dan teknologi otomatisasi. Pelaku UMKM harus beradaptasi di era industri 4.0 agar tetap eksis terutama di sektor pemasaran karena berpengaruh pada pendapatan. Sebagai akademisi, punya tanggung jawab profesi untuk berperan aktif dalam membantu pelaku UMKM berbagai masalah yang dihadapinya.Metode palaksanaan pengabdian masyarakat ini diawali dengan survey kepada pelaku UMKM dan kepala DAPM dikecamatan Padas kebupaten Ngawi. Selanjutnya, koordinasi dengan kepala DAPM untuk menentukan jadwal dan lokasi kegiatan. Acara kegiatan pengabdian masyarakat ini diisi dengan materi tentang era industri 4.0, macam-macam medias sosial, e-commerce, strategi pemasaran dan praktek. Hasil pengabdian masyarakat ini pelaku UMKM dapat memahami materi apa itu era industri, macam-macam media sosial, e-commerce dan strategi pemasaranan. Pelaku UMKM juga punya akun dan dapat mengoperasikan baik itu media sosial maupun e-commerce. Pelaku UMKM diharapkan mempunyai blogger dan WEB untuk memudahkan pelanggan mencari informasi.Kata Kunci: UMKM, Era Industri 4.0, e-Commerce.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

WKFEB

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat "Wiryakarya" adalah jurnal pengabdian masyarakat di bidang ekonomi, sosial, dan ...