Journal of Applied Transintegration Paradigm
Vol. 2 No. 02 (2022): Vol. 2 No. 02 (2022): Journal of Applied Transintegration Paradigm

Uncovering Moral Education as A Subject of Primary School in Indonesia

Ayatullah (Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Palapa Nusantara)



Article Info

Publish Date
09 Oct 2022

Abstract

Pandangan akidah akhlak dalam lingkup MI yakni suatu yang harus ada dan penting sekali untuk disampaikan atau ditanamkan kepada peserta didik. Kemudian, bisa menjadi bekal untuk seluruhnya, bekal disini tidak hanya untuk dunia saja, melainkan bekal yang akan dibawa di akhirat. Hal pertama yang harus ditanamkan adalah akidah lalu akhlah juga harus terus ditempa supaya menjadi insan yang berakhlakul karimah. Penelitian ini mencakup empat sekolah dasar berbeda yang ada di provinsi Lampung. Hasil penelitian menunjukkan bahwapenanaman nilai-nilai moral sudah diajarkan kepada siswa, untuk berprilaku baik di dalam maupun diluar kelas, namun terkadang kenakalan-kenakalan biasa seperti berkelahi, mengganggu teman, dan sifat jahil lainnya masih kerap terjadi. Hal tersebut masih diwajarkan karena anak-anak banyak mempunyai sifat yang berbeda. Karena hal tersebut setiap kenakalan yang dilakukan oleh siswa, gurulah yang akan menegur, membimbing, dan mendidik siswa tersebut agar lebih baik lagi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jatp

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences Other

Description

JOURNAL OF APPLIED TRANSINTEGRATION PARADIGM (JATP) is a peer-reviewed International Journal devoted to the timely study of Religion, Saints, Social, Health Sciences, Education, and Technology. The journal seeks high-quality research papers on the challenges and opportunities presented by Religion, ...