Journal of Applied Transintegration Paradigm
Vol. 3 No. 1 Juni (2023): Journal of Applied Transintegration Paradigm

Isu-Isu Kritis Kebijakan Pendidikan dan Relasinya dan Pendidikan Islam (Kebijakan Merdeka Belajar dan Dampaknya Bagi Pendidikan)

Anggun Feronika (UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi)
Si’in (UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi)



Article Info

Publish Date
22 Dec 2023

Abstract

Kebijakan adalah sebagai suatu disiplin ilmu sosial terapan yang menggunakan argumentasi rasional dengan menggunakan fakta-fakta untuk menjelaskan, menilai, dan membuahkan pemikiran dalam rangka upaya memecahkan masalah publik. Konsep “Merdeka Belajar” merupakan usaha untuk mewujudkan kemerdekaan dalam berpikir. Adanya kebijakan ini memberikan harapan besar bagi lembaga pendidikan untuk mengeksplorasi dan mengembangkan mutu pendidikan di lembaganya. Pendidikan Agama Islam sebagai rangkaian mata pelajaran Islam disampaikan baik secara formal di sekolah maupun informal dan formal di rumah dan masyarakat dengan materi yang diajarkan mulai dari tingkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi harus merespons kebijakan “Merdeka Belajar”. Dampak Merdeka Belajar di Sekolah kurikulum merdeka pada program Merdeka Belajar menggunakan pendekatan progresif yang menekankan proses belajar secara langsung melalui penerapan. Karena itu dikembangkan metode belajar project based learning. Dalam Pembelajaran dengan sistem ini, anak-anak didorong untuk mengerjakan sebuah project sebagai sarana mereka untuk belajar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jatp

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences Other

Description

JOURNAL OF APPLIED TRANSINTEGRATION PARADIGM (JATP) is a peer-reviewed International Journal devoted to the timely study of Religion, Saints, Social, Health Sciences, Education, and Technology. The journal seeks high-quality research papers on the challenges and opportunities presented by Religion, ...