Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi)
Vol 8 No 2 (2024): ON GOING

PENGARUH EWOM, SOCIAL MEDIA USAGE, BRAND IMAGE DAN FIRM’S BRAND REPUTATION TERHADAP PURCHASE INTENTION

Nurhayani, Endah (Unknown)
Abadi, Feryal (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jul 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi pengaruh Electronic Word of Mouth, Social Media Usage, Brand Image dan Firm’s Brand Reputation terhadap Purchase Intention dan Purchase Decision dengan Trust sebagai intervening dengan memahami perilaku pembelian pada konsumen di Industri Kaca Lembaran. Penelitian ini didukung menggunakan metode purposive sampling yang melibatkan 180 konsumen kaca lembaran. Beberapa temuan dalam penelitian ini adalah Electronic Word of Mouth, Social Media Usage, dan Brand Image tidak memiliki pengaruh langsung yang positif terhadap Purchase Intention. Electronic Word of Mouth dan Brand Image berpengaruh positif terhadap Purchase Intention dimediasi oleh Trust. Social Media Usage tidak memiliki pengaruh positif terhadap Purchase Intention dimediasi oleh Trust. Kemudian, Electronic Word of Mouth, Social Media Usage, dan Brand Image tidak memiliki pengaruh positif terhadap Purchase Decision dimediasi oleh Trust. Terdapat pengaruh positif Purchase Intention dan Purchase Decision. Firm’s Brand Reputation dapat memperkuat hubungan positif Electronic Word of Mouth dan Social Media Usage dengan Purchase Intention. Implikasi manajerial pada penelitian ini bagi organisasi adalah dengan memperkuat marketing intelligence karena dapat mengoptimalkan kinerja perusahaan dan berkomitmen dengan terus melakukan survei kepuasan untuk mengukur tingkat kepuasan konsumen supaya Purchase Decision konsumen terus meningkat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

mea

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi (MEA) Diterbitkan oleh Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Muhammadiyah Bandung dimaksudkan sebagai media informasi dan forum pengkajian bidang ilmu Akuntansi, Manajemen, Bisnis dan Ekonomi. Jurnal ini berisikan ...