Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi)
Vol 8 No 2 (2024): ON GOING

ANALISIS PENGARUH KELENGKAPAN PRODUK, HARGA, LOKASI DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKO SRC TIGA BERLIAN, BANYUBUNIH, KEC. GALIS

Sulastri, Sulastri (Unknown)
sholeh, Yusrianto (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2024

Abstract

Tujuan dalam penelitia ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kelengkapan produk, harga, lokasi dan pelayanan terhadap keputusan pembelian pada Toko SRC Tiga Berlian Banyubunih, kec. Galis. populasi dalam penelitian ini adalah konsumen atau pelanggan di Toko SRC Tiga Berlian. Sedangkan sampel yang di gunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 50 responden.metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Data yang digunakan adalah data yang diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada konsumen atau pelanggan di Toko SRC Tiga Berlian. Teknik pengambilan sampel yang di gunakan adalah non probability sampling dengan teknik accidental sampling dan dilakukan sebanyak satu kali sampling yaitu di ambil dari konsumen atau pelanggan yang melakukan pembelian di Toko SRC Tiga Berlian. Pengolahan data menggunakan program statistic product and service solution (SPSS) 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kelengkapan produk (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. hal ini di buktikan dengan nilai β = 0, 167 yang signifikan pada thitung 15,063 dan sig 0,000, kemudian variabel harga (X2) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini dibuktikan dengan nilai β = 0,033 yang signifikan pada thitung 3,207 dan sig 0,002, kemudian variabel lokasi (X3) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini dibuktikan dengan nilai β = 0,334 yang signifikan pada thitung 29,274 dan sig 0,000, begitu juga dengan variabel pelayanan (X4 ) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini dibuktikan dengan nilai β = 0,244 yang signifikan pada thitung 40,562 dan sig 0,000, dan dengan hasil uji hipotesis melalui analisis regeresi berganda di peroleh hasil kelengkapan produk, harga lokasi dan pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di buktikan melalui nilai uji F = 3349,293 dengan nilai signifikan 0,000, dan dari nilai koefisien determinasi R Square sebesar 0,588. Maka diketahui bahwa kelengkapan produk, harga, lokasi dan pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di Toko SRC Tiga Berlian Banyubunih, kec. Galis. yaitu 0,588 atau 58% sisanya 42% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

mea

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi (MEA) Diterbitkan oleh Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Muhammadiyah Bandung dimaksudkan sebagai media informasi dan forum pengkajian bidang ilmu Akuntansi, Manajemen, Bisnis dan Ekonomi. Jurnal ini berisikan ...