Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi)
Vol 8 No 2 (2024): ON GOING

ANTESEDEN PURCHASE INTENTION PADA E-COMMERCE

Huda, Miftakhul (Unknown)
Kurniawati, Kurniawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2024

Abstract

Perkembangan ekonomi digital terutama melalui platform e-commerce, telah membawa perubahan signifikan dalam perilaku konsumen. Penelitian menunjukkan pemasaran digital diidentifikasi sebagai alat utama untuk berinteraksi dengan pelanggan dan memenuhi kebutuhan yang terus berubah. Meskipun demikian, terdapat kesenjangan dalam literatur mengenai manajemen strategi komunikasi di konteks e-commerce. Penelitian ini bertujuan untuk mengisi kesenjangan Firm Generated Content, Customer generated communication, mempengaruhi penjualan produk pada e-commerce di Indonesia, dengan Perceived Quality dan Brand Awareness sebagai mediator. Sampel yang digunakan berjumlah 220 yang didapat melalui penyebaran kuesioner secara online. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan kriteria responden yang pernah menggunakan platform e-commerce dalam 3 bulan terakhir. Analisis data yang digunakan ialah Structural Equation Model (SEM) dengan bantuan software AMOS. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi dasar untuk mengembangkan strategi komunikasi yang lebih efektif dalam konteks e-commerce, memberikan kontribusi pada literatur mengenai manajemen strategi komunikasi, dan memberikan implikasi praktis bagi perusahaan dan pengguna dalam penjualan online.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

mea

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi (MEA) Diterbitkan oleh Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Muhammadiyah Bandung dimaksudkan sebagai media informasi dan forum pengkajian bidang ilmu Akuntansi, Manajemen, Bisnis dan Ekonomi. Jurnal ini berisikan ...