Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi)
Vol 8 No 2 (2024): ON GOING

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN PADA RUMAH SAKIT ELANG MEDIKA CORPORA (EMC) CIKARANG

Dani, Sanjani Aji Gunawan (Unknown)
Hermana, Cecep (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2024

Abstract

Rumah Sakit EMC Cikarang merupakan rumah sakit yang memiliki pelayanan terbaik kelas B. RS EMC Cikarang dibuka untuk umum sejak 2016 dibawah PT. Elang Medika Corpora. RS EMC Cikarang menyediakan 5 pelayanan unggulan yaitu spesialis anak, spesialis tulang, kebidanan & penyakit kandungan, penyakit dalam. Tujuan penelitian ini untuk mengukur tingkat kualitas pelayanan RS EMC Cikarang yang sangat berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Sehingga, keberlangsungan hidup perusahaan akan bertahan dalam jangka panjang jika kualitas pelayanan yang diciptakan dapat menimbulkan kepuasan konsumen. Metode penelitian ini dilakukan dengan cara memberikan lembaran-lembaran kertas yang berisi qr code yang telah dibuat mengarah ke google formulir dan lembaran kuisioner tulis tangan untuk mengisi kuisioner yang berisi 33 pertanyaan dari 2 variabel. Sehingga didapatkan 59 sampel responden yang telah mengisi kuisioner, terbagi menjadi 2 yaitu 34 didapatkan dari hasil kuisioner qr code google formulir dan 25 didapatkan dari hasil kuisioner lembar kertas tulis tangan. Data kuisioner ini diolah menggunakan analisis regression linear yang menghubungkan antara variabel independent (kualitas pelayanan) dan variabel dependent (kepuasan konsumen) menggunakan softaware statistical product and service solutions 16.0. Hasil dari penelitian ini yang diambil dari 59 responden rawat jalan dan rawat inap di RS EMC Cikarang yang menunjukan bahwa ada 2 dari 5 variabel independent (jaminan dan empati) yang mempengaruhi variabel dependent (kepuasan konsumen), 3 dari variabel independent (Reliabilitas, Daya Tanggap, dan Bukti Fisik) tidak berpengaruh terhadap variabel dependent (kepuasan konsumen). Maka, sangatlah penting bagi rumah sakit yang merupakan suatu perusahaan pelayanan produk jasa untuk menganalisa dan menciptakan kualitas pelayanan demi membentuk kepuasan konsumen.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

mea

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi (MEA) Diterbitkan oleh Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Muhammadiyah Bandung dimaksudkan sebagai media informasi dan forum pengkajian bidang ilmu Akuntansi, Manajemen, Bisnis dan Ekonomi. Jurnal ini berisikan ...