Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi)
Vol 8 No 2 (2024): ON GOING

ANALISIS IMPLEMENTATASI STRATEGI MARKETING MIX PADA USAHA KULINER SEAFOOD BROTHER LAMPUNG

Putra, Febrian Maulana (Unknown)
Hilal, Syamsul (Unknown)
Hanif, Hanif (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2024

Abstract

Industri kuliner merupakan sektor yang berkembang pesat di Indonesia, mencakup berbagai jenis usaha makanan mulai dari warung makan tradisional hingga restoran mewah. Untuk saat ini, ada industri kuliner yang disebut kuliner halal merujuk pada sektor ekonomi yang terlibat dalam produksi, penyediaan, dan konsumsi makanan dan minuman yang memenuhi syariah Islam. Tujuan penelitian ini, untuk melihat strategi marketing mix usaha kuliner Seafood Brother Lampung yang berlokasi di kota Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan meliputi survei di tempat, wawancara mendalam, dan analisis strategi bauran pemasaran 7P dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data diperoleh dari dua jenis data yaitu data primer dan sekunder. Data primer ialah data yang diperoleh dari pihak pelaku usaha kuliner yakni Seafood Brother Lampung. Sedangkan data sekunder yaitu, data yang didapatkan berasal dari referensi pustaka dari jurnal, website, dan sumber lainnya. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa dengan menerapkan strategi pemasaran yang baik dan matang yaitu strategi 7P marketing mix dapat mengoptimalkan pengembangan usaha kuliner Seafood Brother Lampung yang dikelola oleh Rizky Wahyudi selaku owner. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang sudah dilakukan dalam penilitian ini, disimpulkan bahwa usaha kuliner Seafood Brother Lampung dalam strategi pemasarannya menerapkan strategi bauran pemasaran 7P sehingga usaha kuliner Seafood Brother Lampung mampu untuk bersaing dengan usaha lainnya yang ada di kota Bandar Lampung.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

mea

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi (MEA) Diterbitkan oleh Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Muhammadiyah Bandung dimaksudkan sebagai media informasi dan forum pengkajian bidang ilmu Akuntansi, Manajemen, Bisnis dan Ekonomi. Jurnal ini berisikan ...