Jurnal SOLMA
Vol. 12 No. 1 (2023)

Edukasi Pedoman Gizi Seimbang pada Ibu Rumah Tangga di Desa Burai Kabupaten Ogan Ilir

Indah Yuliana (Program Studi Gizi, Universitas Sriwijaya, Jln. Raya Palembang-Prabumulih KM 32, Ogan Ilir, Indonesia, 30662)
Yuliarti (Program Studi Gizi, Universitas Sriwijaya, Jln. Raya Palembang-Prabumulih KM 32, Ogan Ilir, Indonesia, 30662)
Desri Maulina Sari (Program Studi Gizi, Universitas Sriwijaya, Jln. Raya Palembang-Prabumulih KM 32, Ogan Ilir, Indonesia, 30662)
Anissa Rahmawaty (Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya, Jln. Raya Palembang-Prabumulih KM 32, Ogan Ilir, Indonesia, 30662)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2023

Abstract

Background: Background: Masalah stunting di Indonesia khususnya Sumatra selatan masih terkategori tinggi untuk masalah kesehatan masyarakat. Burai merupakan salah satu desa di Kabupaten Ogan Ilir yang menjadi lokus stunting sehingga perlu mendapatkan perhatian lebih dalam upaya pencegahan dan penanggulangan masalah stunting. Meningkatkan pengetahuan ibu rumah tangga tentang jenis dan porsi pangan sesuai prinsip gizi seimbang. Metode: Kegiatan ini dilakukan di Desa Burai, Kabupaten Ogan Ilir pada ibu-ibu rumahtangga yang berjumlah 35 orang. Kegiatan dilakukan dengan metode penyuluhan dengna menggunakan media powerpoint dan video edukasi. Evaluasi kegiatan dilakukan pada tingkat pengetahuan peserta dengan menggunakan pre-dan post test. Hasil: Kegiatan penyuluhan berisi tentang penyebab dan dampak masalah gizi stunting, pencegahan stunting melalui konsumsi aneka ragam makanan dengan pendekatan visualisasi tumpeng gizi seimbang dan isi piringku. Hasil evaluasi pre- dan post-test menunjukkan bahwa terdapat peningkatan rata-rata skor pengetahuan dari 6,14 menjadi 6,67. Kesimpulan: Secara umum, kegiatan pengabdian masyarakat ini dinilai dapat meningkatkan pengetahuan peserta tentang cara pencegahan stunting dan anjuran porsi makan sehari.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

solma

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal SOLMA merupakan jurnal di bawah naungan Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) dan dipublikasikan oleh Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Jurnal terdaftar dengan E-ISSN: 2614-1531 & P-ISSN: 2252-584x. Jurnal SOLMA mempublikasikan naskah-naskah artikel ilmiah dari ...