Journal of Aceh Aquatic Sciences
Vol 3, No 1 (2019): Journal of Aceh Aquatic Sciences

MODEL PENGELOLAAN OPTIMAL PANGKALAN PENDARATAN IKAN MEULABOH ACEH BARAT BERBASIS INTERPRETATIVE STRUCTURAL MODELING (ISM)

Muhammad Rizal (1Jurusan Ilmu Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Teuku Umar, Aceh Barat. Provinsi Aceh)
Ernaini Lubis (Departemen Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan,Institut Pertanian Bogor, Bogor)
Retno Muninggar (Departemen Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan,Institut Pertanian Bogor, Bogor)



Article Info

Publish Date
20 Feb 2020

Abstract

Penelitian dilakukan pada September hingga November 2017 tempat pendaratan ikan (PPI) Meulaboh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan elemen kunci dari pengelolaan PPI yang optimal di Barsela Aceh. Penelitian ini adalah studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis pemodelan struktural interpretatif. Menurut analisis pemodelan struktural interpretatif, konsep model manajemen optimal PPI Barsela Aceh harus menekankan pada beberapa elemen kunci. Unsur-unsurnya adalah pengelolaan PPI, panglima laot (sektor publik yang terkena dampak), ketersediaan SDI (kebutuhan untuk implementasi program), rendahnya kualitas sumber daya manusia (hambatan utama program), peningkatan kinerja panglima laot dan DKP (tujuan utama dari program), aturan manajemen eksplisit, efisiensi terkait pekerjaan (indikator keberhasilan program), koordinasi dengan instansi terkait (kegiatan yang diperlukan untuk pelaksanaan program), departemen kelautan dan perikanan kabupaten (agen yang terlibat)

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JAAS

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Environmental Science

Description

The Jurnal of Aceh Aquatic Sciences is managed by the Department of Aqutic Resource , Faculty of Fisheries and Marine Sciences, Teuku Umar University aims to publish the results of basic, applied research, and short communication in the scope of aquatic resources as; fish stock studies and ...