Educate : Journal of Education and Learning
Vol. 1 No. 2 (2023): Educate : Journal of Education and Learning

TINGKAT KECEMASAN AKADEMIK PADA SISWA DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER

Fazila Farrasia (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)
Dela Safira (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)
Susmita Hairul (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)
Sigi Pegi Ramadhani (Politeknik Negeri Sriwijaya)
Zakiyya Asroh Yulandari (Universitas Sriwijaya, Indonesia)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2023

Abstract

Kecemasan akademik adalah perasaan khawatir yang berlebihan terhadap kinerja akademik, kurikulum pendidikan, hasil ujian, atau tugas-tugas sekolah (Mahajan, 2015; Milgram & Toubiana, 1999). Kecemasan digambarkan oleh Epstein (1972) sebagai suatu keadaan di mana seseorang merasa terancam karena takut akan sesuatu yang dianggap tidak dapat diselesaikan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini juga melibatkan siswa SMA di Kota Palembang sebagai partisipan sebanyak 154 siswa dengan rata-rata usia partisipan 14-17 tahun atau kelas 10-12 SMA. Mariam et al (dalam Danu et al., 2021) menyatakan bahwa faktor jenis kelamin dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap tingkat kecemasan seseorang. Penelitian ini juga menemukan bahwa perempuan memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami kecemasan dibandingkan laki-laki, dengan perbedaan otak dan hormonal menjadi faktor penyebab utama.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

educate

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Focus - Educate : Journal Of Education and Learning Sciences is a scientific journal published by CV. Doki Course and Training. The papers to be published in Educate are research articles (quantitative or qualitative research approaches), literature studies or original ideas that are considered to ...