Jurnal Terapi Wicara dan Bahasa
Vol. 1 No. 1 (2022): Desember 2022

Hubungan Level Gangguan Pendengaran pada Kemampuan Artikulasi Anak Usia Sekolah di Surakarta

Kirana Dwi Witari (Jurusan Terapi Wicara, Politeknik Kesehatan Surakarta)
Hafidz Triantoro Aji Pratomo (Jurusan Terapi Wicara, Politeknik Kesehatan Surakarta)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2022

Abstract

Latar Belakang: Anak gangguan pendengaran akan mengalami hambatan dalam berkomunikasi, baik yang memiliki level gangguan pendengaran ringan hingga yang berat. Hambatan tersebut dapat mempengaruhi kemampuan bahasa dan artikulasinya. Bagi anak gangguan pendengaran untuk mengembangkan kemampuan berbicara merupakan suatu proses yang kompleks, karena salah satu syarat penting yang dibutuhkan dalam kemampuan berbicara adalah kemampuan mendengar. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang “hubungan level gangguan pendengaran pada kemampuan artikulasi anak usia sekolah di Surakarta”. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian cross sectional. Teknil pengambilan sampel menggunakan total sampling dengan jumlah sampel 30 anak gangguan pendengaran di Surakarta. Data yang terkumpul dianalisis secara univariat dan bivariat. Uji statistik yang digunakan yaitu uji Spearman Rank. Hasil: Hasil analisis data diperoleh nilai p (Sig) tes BERA telinga kanan adalah 0.089 Sedangkan, pada tes BERA telinga kiri diperoleh nilai p (Sig) 0.442. Kesimpulan: Penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa tidak ada hubungan antara level gangguan pendengara pada kemampuan artikulasi anak usia sekolah di Surakarta.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jtwb

Publisher

Subject

Dentistry Medicine & Pharmacology Veterinary

Description

Journal of Speech and Language Therapy contains research studies in the areas of: Speech production Language Fluency Voice Resonance Cognition Feeding and swallowing Aural habilitation/rehabilitation Augmentative and alternative communications Developmental psychology Mental health Occupational and ...