Dharma Pendidikan
Vol 12 No 2 (2017): Dharma Pendidikan

Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Assisted Individualization Pada Materi Operasi Hitung Bentuk Aljabar Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional Siswakelas VII SMP Se-Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2016/2017

Reza Dimas Pravangasta Perdana (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Oct 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari kecerdasan emosi siswa (EI). Model pembelajaran yang digunakan adalah Teams Assisted Individualization (TAI) dan pembelajaran langsung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri di Nganjuk tahun 2016/2017. Stratified cluster random sampling digunakan untuk mengumpulkan sampel. Dua cara Anova dengan desain faktorial 2x3 digunakan untuk uji hipotesis. Berdasarkan analisis, dapat disimpulkan: (1) siswa yang diberi TAI memiliki prestasi lebih baik daripada mereka yang diberi pembelajaran langsung (2) tinggi Siswa EI memiliki prestasi yang lebih baik daripada siswa EI menengah dan rendah, siswa EI tengah memiliki prestasi yang sama dengan siswa EI rendah, (3) pada TAI pembelajaran langsung; siswa EI tinggi memiliki prestasi yang lebih baik daripada siswa EI menengah dan rendah, siswa EI tengah memiliki prestasi yang sama dengan siswa EI rendah, (4) di EI tinggi, menengah dan rendah, siswa yang diberi TAI memiliki prestasi yang lebih baik daripada mereka yang diberikan pembelajaran langsung.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jdp

Publisher

Subject

Education

Description

Dharma Pendidikan is a journal contains publications from researches and scientific studies. The publications intended to contribute understanding and developing scientific theories and concepts, education and their application in ...