Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis letak kesalahan serta penyebab kesalahan yang dilakukan oleh mahasiswa dari kelompok tinggi, sedang, dan rendah dalam identitas trigonometri. Subjek penelitian terdiri atas mahasiswa tinggi, empat mahasiswa kelompok sedang, dan tiga mahasiswa kelompok rendah. Pengambilan subjek menggunakan teknik purposive sampling. Pendekatan yang dipakai bersifat kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara. Langkah-langkah analisis menggunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.. Kesimpulan yand dapat diambil setelah analisis data adalah bahwa Kesalahan yang dialami mahasiswa berupa penyelesaian menggunakan cara menjabarkan masing-masing hubungan perbandingan trigonometri dimana berakibat perhitungan menjadi rumit. Rumitnya penyelesaian disebabkan antaralain ketidakmampuan mahasiswa menentukan hubungan antara rumus pada identitas trigonometri; kesalahan menuliskan tanda operasi matematika dan kesalahan menuliskan tanda operasi matematika dan kesalahan dalam melakukan operasi hitung bentuk aljabar, yang disebabkan mahasiswa kurang teliti saat melakukan perhitungan.
Copyrights © 2018