Jurnal Vokasi
Vol 8, No 2 (2024): Jurnal Vokasi (Juli)

Pemanfaatan Digital Marketing pada Packing Produk Inovasi Varian Rasa Kekinian Usaha Kue Semprong Desa Tanjung Gelam Kecamatan Indralaya Kabupaten Ogan Ilir

Irmeilyana Irmeilyana (Universitas Sriwijaya)
Ngudiantoro Ngudiantoro (Universitas Sriwijaya)
Sri Indra Maiyanti (Universitas Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
06 Jul 2024

Abstract

Desa Tanjung Gelam dan beberapa desa di sekitarnya merupakan salah satu sentra kue semprong dan kerupuk, terutama kerupuk panggang. Produk yang dijual semuanya hampir sama. Packing produk kue semprong ini relatif masih sangat sederhana dan kurang menjamin bahwa produk dapat lebih tahan lama. Tujuan kegiatan PPM ini adalah untuk memberi penyuluhan/pelatihan kepada khalayak sasaran tentang packing kemasan produk yang dapat menghasilkan performa yang menarik, menjaga ketahanan produk supaya lebih awet, aman, dan kue tidak mudah hancur, serta menunjukkan brand produk termasuk informasi narahubung dan promosi produk. Juga memberi ide dan pengetahuan mengenai inovasi varian rasa dan bentuk kue semprong kekinian pada packing, serta mengenalkan cara penjualan produk kue semprong melalui digital marketing. Metode pelaksanaan kegiatan berupa penyuluhan dan implementasi pemasaran melalui digital marketing. Hasil kegiatan dapat menambah wawasan khalayak mengenai usaha jual beli, tantangan dan hambatan usaha, produk sejenis yang diperjual belikan secara online di beberapa platform marketplace, dan tips keberlanjutan usaha menghadapi perkembangan pemasaran. 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

vokasi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Engineering Social Sciences

Description

Jurnal Vokasi mempublikasikan artikel ilmiah dari hasil Penerapan IPTEKS dan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan scope pengabdian bidang teknik dan sosial. ...