Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan tentang implementasi Pengajaran Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing atau TEFL di kampus Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Qur’an (STAIDA) Payakumbuh. Bahasa Inggris merupakan salah satu Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKKB) yang harus diikuti oleh semua mahasiswa dari program studi Ilmu Qur’an dan Tafsir, dan Pendidikan Bahasa Arab. Perkuliahan ini terdiri dari dua mata kuliah yaitu; Bahasa Inggris I dan Bahasa Inggris II. Bahasa Inggris I dikeluarkan pada Semester I dengan fokus materi perkuliahan pada Listening Comprehension dan Speaking Skill. Sementara itu, mata kuliah Bahasa Inggris II diberikan pada Semester II dengan fokus materi keterampilan pada keterampilan Membaca atau Reading Comprehension, dan Menerjemah atau Translating. Data penelitian diambil dari Nilai Mahasiswa untuk mata kuliah Bahasa Inggris I dan Bahasa Inggris II tahun akademik 2016/2017 program studi Ilmu Quran-Tafsir dan Pendidikan Bahasa Arab yang dikumpulkan pada bulan Desember 2016 hingga Januari 2017. Berdasarkan data nilai-nilai tersebut dan dengan merujuk kepada passing grade pada Buku Panduan Akademik STAIDA Payakumbuh, hasil penelitian ini menunjukkan 80% mahasiswa Ilmu Qur’an & Tafsir dan 90% mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab LULUS dengan skor 80-100, dengan Nilai A dalam kriteria Sangat Baik. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa implementasi TEFL di kampus Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Qur’an (STAIDA) Payakumbuh berjalan secara efektif dan optimal.
Copyrights © 2017