Tidak dipungkiri bahwasanya pendidikan dewasa ini semakin hari semakin maju akan tetapi dibalik kemajuan tersebut memunculkan kekhawatiran disebabkan pudarnya nilai-nilai ilahiyah dalam pendidikan tersebut sehingga lahirlah manusia terdidik dengan otak yang cerdas, tetapi sikap, perilaku, dan pola hidupnya yang kontras dengan kemampuan intelektualnya. Kegagalan penanaman nilai-nilai moral dalam pendidikan terlihat dengan adanya krisis ekonomi yang terus berkepanjangan, meraja lelanya korupsi, tawuran antar pelajar serta yang lebih parah, maraknya perilaku seksual di kalangan remaja. Tulisan ini bertujuan untuk memberikan nilai-nilai spritual pada aspek-aspek pendidikan dengan memaparkan tentang bagaimana sesungguhnya spritualitas dalam pendidikan terutama yang terkait dengan komponen utama dalam pendidikan yang meliputi: tujuan pendidikan, kurikulum, pendidik dan peserta didik. Metode penelitiannya yaitu penelitian kepustakaan dengan sumber data berupa buku dan tulisan yang terkait dan menggunakan analisis isi . Spritualitas dalam pendidikan Islam yaitu mencakup pada setiap komponen dalam pendidikan tersebut, baik tujuan, kurikulum, pendidik dan peserta didik yang menyadari tugas dan tanggungjawabnya sebagai wujud penerapan nilai-nilai ajaran Isam yang secara keseluruhan dilandasi oleh nilai-nilai Ilahiyah.
Copyrights © 2022