JURNAL AKUNTANSI, AUDITING DAN KEUANGAN SYARIAH
Vol. 3 No. 1 (2024): APRIL 2024

PENGARUH TANGIBILITY, FREE CASH FLOW DAN RISIKO BISNIS TERHADAP KEBIJAKAN UTANG: (Studi Empiris Pada Perusahaan Transportasi dan Logistik yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2018 -2022)

Siti Munawaroh Siti Munawaroh (Universitas Islam Nusantara)
Siti Ganiah Maulany Siti Ganiah Maulany (Universitas Islam Nusantara)
Arid Arid (Universitas Islam Nusantara)



Article Info

Publish Date
04 Apr 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh tangibility, free cash flow dan risiko bisnis terhadap kebijakan utang. Penelitian ini menggunakan variabel independen seperti tangibility, free cash flow dan risiko bisnis. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah kebijakan utang yang dihitung menggunakan Debt to Equity Ratio. Populasi penelitian ini adalah sektor transportasi dan logistik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, dengan metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi. Data yang digunakan adalah data sekunder dan sampel dipilih menggunakan metode purposive sampling. Berdasarkan hasil purposive selain dari 37 perusahaan, diperoleh 14 perusahaan transportasi dan logistik yang memenuhi kriteria sampel. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda dengan menggunakan software SPSS Versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tangibility berpengaruh terhadap kebijakan utang, free cash flow tidak berpengaruh terhadap kebijakan utang, dan risiko bisnis berpengaruh terhadap kebijakan utang. sedangkan secara bersama-sama (simultan) menunjukkan bahwa tangibility, free cash flow, dan risiko bisnis berpengaruh terhadap kebijakan utang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JAAKES

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Lingkup artikel yang diterbitkan di JAAKES terdiri dari berbagai topik di bidang Akuntansi dan Keuangan antara lain: Sektor swasta dan sektor nonprofit, Akuntansi Keuangan dan keuangan syariah, Akuntansi Syariah, Akuntansi Manajemen dan Perilaku, Sistem Informasi, Auditing, dan Etika Profesi, ...