Jnanadharma
Vol. 1 No. 2 (2023): Juli 2023

Branding Forum Komunikasi Karang Taruna (FKKT) Kemantren Gondokusuman Melalui Teknologi Augmented Reality (AR)

Prita Haryani (Unknown)
Renna Yanwastika Ariyana (Program Studi Informatika, Fakultas Teknologi Informasi & Bisnis, Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta)
Yuliantono (Forum Komunikasi Karang Taruna Kemantren Gondokusuman)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2023

Abstract

Karang Taruna sebagai organisasi kepemudaan Indonesia, yang bertujuan memberikan pembinaan dan pemberdayaan kepada para pemuda khususnya remaja dalam bidang keorganisasian, ekonomi, ketrampilan dan kesenian, dapat memanfaatkan teknologi AR sebagai re-branding Karang Taruna kepada masyarakat. AR yang bersifat interaktif, real time, dan berbentuk 3 dimensi (teks,gambar,video) dapat diimplementasikan sebagai media informasi profile Karang Taruna dan variasi produk Karang Taruna berteknologi AR sehingga nantinya bisa bernilai ekonomi mandiri bagi organisasi Karang Taruna. Untuk mencapai tujuan Karang Taruna menjadi organisasi kepemudaan yang Inovatif, berwawasan TI dan berkemandirian ekonomi, Karang Taruna khususnya Forum Komunikasi Karang Taruna (FKKT) Kemantren Gondokusuman menyelenggarakan acara workshop Seni Budaya dan Multimedia, dengan sub tema workshop Multimedia “Branding Karang Taruna Melalui Teknologi Augmented Reality. Pelaksanaan workshop berjalan dengan lancar. Workshop diikuti oleh 25 peserta dan peserta antusias mengikuti Workshop sampai selesai. Dari hasil evaluasi kegiatan, diperoleh data bahwa bahwa jumlah peserta yang mengetahui dan menggunakan teknologi AR meningkat 55%, yang semula 25% menjadi 80%. Dengan mengikuti pelatihan, peserta memperoleh pengetahuan tentang Teknologi AR, implementasi dan praktik menggunakan AR.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jnanadharma

Publisher

Subject

Computer Science & IT Electrical & Electronics Engineering Energy Engineering Mechanical Engineering

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat JNANADHARMA diterbitkan 2 (dua) kali setahun (Januari dan Juli). Terbit pertama pada bulan Januari 2023. JNANADHARMA memuat hasil pengabdian kepada masyarakat. Editor mengundang para akademisi dan praktisi terkait (Perguruan Tinggi, Pemerintahan, LSM, dan lain-lain) ...