Fakumi Medical Journal
Vol. 1 No. 1 (2021): Oktober

Perbedaan Uji Efektivitas Ekstrak Buah Pepaya dan Mentimun terhadap Bakteri Salmonella Thypi

Hermiaty (Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia)
Marzelina Karim (Departemen Mikrobiologi Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia)
Shofiyah Latief (Departemen Radiologi Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia)
Prema Hapsari Hidayati (Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia)
Suci Ramadhani (Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia)
Hasliyawati Hasan (Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia)
Sarinah Mandella Rumlawan (Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia)
Abbas Zavey Nurdin (Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat dan Ilmu Kedokteran Komunitas (IkM-IKK) Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2021

Abstract

Salmonella typhi adalah bakteri penyebab demam tifoid. Penyakit ini menyerang hampir di semua negara, terutama di negara-negara berkembang seperti Indonesia. Penyakit demam tifoid ini dapat tertular lewat makanan atau minuman yang terkontaminasi oleh feses atau urin dari orang yang terinfeksi. Di Indonesia kloramfenikol masih merupakan obat pilihan utama untuk mengobati demam tifoid. Namun banyak dilaporkan adanya resistensi S. typhi terhadap antibiotik kloramfenikol. Oleh karena itu, mulai dikembangkan penelitian untuk meminimalisir efek samping dari penggunaan antibiotik. Salah satunya adalah dengan pengembangan antimikroba yang berasal dari bahan alam. Salah satu tanaman yang dapat dimanfaatkan sebagai obat tradisional adalah tanaman pepaya (Carica papaya L memiliki nilai medis yang tinggi dan efek antibakteri. Adapun tanaman lain yang dapat di jadikan obat adalah mentimun (Cucumis sativus) dimana memiliki senyawa aktif yang berperan sebagai antifungi dan antibakteri. Mengetahui perbedaan daya antibakteri antara Carica papaya L dan Cucumis sativus L terhadap bakteri Salmonella thypi. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimental labatorium dengan metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode disc diffution. Zona hambat yang dihasilkan oleh ekstrak buah pepaya pada dua replikasi yaitu rata-rata diameter sebesar 0 mm dan 7 mm dan zona hambat yang dihasilkan oleh ekstrak buah mentimun untuk dua replikasi yaitu rata-rata diameter sebesar 0 mm dan 16,7 mm. Ekstrak buah mentimun dengan konsentrasi 100% lebih efektif karena memiliki daerah hambat yang lebih besar jika dibandingkan dengan ekstrak buah pepaya dengan konsentrasi 100%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

fmj

Publisher

Subject

Dentistry Health Professions Immunology & microbiology Medicine & Pharmacology Public Health

Description

FAKUMI MEDICAL JOURNAL is a peer-reviewed, open-access journal that publishes original research articles, review articles, and interesting case reports. FAKUMI MEDICAL JOURNAL work in the field of health in a broad sense such as public health, nursing, midwifery, medicine, pharmacy, health ...