Fakumi Medical Journal
Vol. 3 No. 1 (2023): Januari

Hubungan Aktivitas Fisik dengan Pola Tidur pada Usia Lanjut

Iriyani (Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia)
Imran Safei (Departemen Rehabilitasi Medik Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia)
Rezky Pratiwi L Basri (Departemen Histologi Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia)
Mochammad Erwin Rachman (Departemen Neurologi Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia)
Dahliah (Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat dan Ilmu Kedokteran Komunitas (IkM-IKK) Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2023

Abstract

Pada proses penuaan terjadi perubahan fisiologis yang akan terjadi pada setiap individu dimulai perubahan fisik, mental, dan sosial yang dapat menyebabkan mereka menjadi tidak efektif dalam pekerjan maupun peran sosial yang akan terjadi pada setiap individu. Perubahan tersebut dapat menyebabkan perubahan sistem muskuloskeletal yang berikutnya akan mempengaruhi kemampuan aktivitas fisik sehingga dapat menurunkan pola tidur atau kualitas tidur seseorang. Mengetahui hubungan aktivitas fisik dengan pola tidur pada usia lanjut. Literature Review dengan Narrative Review. Lansia yang melakukan aktivitas fisik cenderung mendapatkan durasi dan kualitas tidur yang baik pada lansia dibandikan lansia yang tidak melakukan aktivitas. Aktivitas fisik yang baik dan teratur seperti senam, kegiatan sehari-hari. Aktivitas tersebut dapat membantu meningkatkan pola hidup yang sehat sehingga lansia mendapatkan durasi tidur serta kualitas tidur yang baik dan nyaman pada lansia.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

fmj

Publisher

Subject

Dentistry Health Professions Immunology & microbiology Medicine & Pharmacology Public Health

Description

FAKUMI MEDICAL JOURNAL is a peer-reviewed, open-access journal that publishes original research articles, review articles, and interesting case reports. FAKUMI MEDICAL JOURNAL work in the field of health in a broad sense such as public health, nursing, midwifery, medicine, pharmacy, health ...