Fakumi Medical Journal
Vol. 3 No. 2 (2023): Februari

Analisis Perbandingan Proses Persalinan pada Ibu (Inpartu) yang Mengkonsumsi dan yang Tidak Mengkonsumsi Buah Kurma Ajwa (Phoenix dactylifera L)

Ghina Azizah (Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia)
Nasrudin A.M Mappaware (Departemen Ilmu Obstetri dan Ginekologi Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia)
Sigit Dwi Pramono (Departemen Biokimia Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia)
M. Hamsah (Departemen Ilmu Obstetri dan Ginekologi Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia)
Nevi Sulvita Karsa (Departemen Farmakologi Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2023

Abstract

Kurma ajwa mengandung glukosa tinggi sederhana (glukosa, sukrosa dan fruktosa) sebagai sumber energi untuk menjaga energi tubuh saat melahirkan. Asam oleat, linoleat, dan linolenat, yang terlibat dalam penyediaan energi serta pembentukan prostaglandin yang dapat meningkatkan kepekaan uterus terhadap pesan kimiawi pemicu kontraksi dan juga membantu melunakan serviks sehingga kontraksi uterus akan semakin kuat. Mengetahui perbandingan proses persalinan pada ibu (Inpartu) yang mengkonsumsi dan yang tidak mengkonsumsi buah kurma Ajwa (Phoenix dactylifera L). Penelitian ini menggunakan metode penelitian Quasi Eksperimental dengan desain penelitian uji klinis non-random. Penelitian ini dilakukan pada bulan November 2020 – Oktober 2021 di RSIA Sitti Khadijah 1 Muhammadiyah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

fmj

Publisher

Subject

Dentistry Health Professions Immunology & microbiology Medicine & Pharmacology Public Health

Description

FAKUMI MEDICAL JOURNAL is a peer-reviewed, open-access journal that publishes original research articles, review articles, and interesting case reports. FAKUMI MEDICAL JOURNAL work in the field of health in a broad sense such as public health, nursing, midwifery, medicine, pharmacy, health ...